EXTRA FODING YANG BAIK UNTUK BURUNG KACER

EXTRA FODING YANG BAIK UNTUK BURUNG KACER
ekstra fooding merupakan hal vital bagi burung kicauan,kenapa vital?karna burung kicauan adalah burung yang memiliki naluri,entah naluri bertarung ataupun berkicau. ektra fooding merupakan hal yang dapat memicu burung kicauan untuk berkicau dan mengontrol birahi sang burung,jangan sampai burung ngedrop kekurangan ekstrafood dan juga jangan sampai kelebihan memberikanya yang berakibat overbirahi. overbirahi=Mbagong, Burung ngedrop=Mbagong juga,susah kan,hehehe.lanjut pembahasan,saya akan menyebutkan jenis ekstrafood yang biasa untuk burung kacer.

a. Jangkrik :
Berguna sebagai stamina,power suara dan naluri berkicau meningkat. sebaiknya berikan jangkrik 3 pagi dan 3 sore,itu standarnya.

b. Ulat Hongkong :
 
Ulat hongkong merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk burung. tapi jangan terlalu banyak dalam pemberianya, karna kabarnya ulat hongkong mengandung lemak yang tinggi yang menjadikan suhu tubuh burung cepat meningkat,jadi dalam pemberinya cukup kalau musim hujan seperti sekarang ini,tapi kalau memang burung kurang birahi,dapat diberikan rutin 3 pagi dan 4 sore,pilih yang berwarna putih/baru nganti kulit.

c. Ulat Bambu : 
disini saya menekankan ulat bambu bukan menu harian buat burung kacer,disamping akan membuat burung anda malah kurang birahi,juga ulat bambu susah untuk didapat,kalau adapun harganya relatif tidak murah seperti pakan lainya. jadi kalau burung overbirahi dapat memberikan ulat bambu maksimal 3 dalam sehari.kalau burung sudah stabil kondisinya,hentikan pemakaian ulat bambu.

d. Kroto : 
Kroto merupakan pakan burung yang sangat manjur untuk membuat burung rajin berkicau, dalam hal ini pemberian kroto sangat dianjurkan dalam menangani burung kacer yang mbagong. meskipun banyak yang bilang kroto tidak berefek dalam menangani burung kacer mbagong tapi menurut saya kroto adalah penambah stamina dan meningkatkan nafsu untuk berkicau dan tidak membuat burung panas seperti ulat hongkong,jadi jika saran saya untuk memasukkan kroto dalam menu harian kacer mbagong masuk akal,ya silahkan dilakukan, kalau mungkin tidak sependapat mungkin bisa ditinggalkan.