Perlengkapan Kandang Burung Kacer


1. Sangkar burung kacer

Sesuai dengan ukuran tubuh burung kacer maka umumnya kandangnya adalah 40 x 45 x 70 cm.

2. Tenggeran burung kacer

Letakkan dua tenggeran di dalam kandang. Tenggeran terbaik dibuat dari bahan kayu asam yang struktur kayunya agak kasar meskipun sudah dikupas kulitnya. Letakkan 2 buah tenggeran tersebut secara sejajar atas dan bawah. Diameter tenggeran 1,5—2 cm.

3. Kerodong burung kacer

Dalam perawatan kacer, kerodong berguna untuk membuat kacer istirahat. Penggunaan kerodong juga bermanfaat untuk perkembangan mentalnya. Untuk kacer muda, gunakan kerodong dengan warna lembut atau putih. Secara psikologis, burung muda masih takut menghadapi perubahan lingkungan secara drastis. Kerodong warna putih juga berfungsi untuk mengontrol kebersihan kandang dan burung . Jika dirasakan burung telah bisa beradaptasi, baru boleh mengganti kerodongnya dengan warna yang lebih gelap.

Tetapi kami menyarankan, kerodong burunglah kacer jika memang perlu saja sebab burung yang terlalu banyak kerodong, kurang banyak berlatih bernyanyi. Lain misalnya burung kacer yang akan dipersiapkan untuk lomba, maka kerodong selama 3-4 hari sebelum turun lomba adalah langkah yang baik. Tujuannya, agar burung kacer menyimpan tenaga atau stamina.