TIPS MANDI PASIR UNTUK BURUNG KACER


Penghoby burung kacer banyak membenarkan bahwa kacer yang ditreatment dengan menggunakan pasir sebagai media mandi bisa mengantisipasi sifat mbangong dari burung kacer.


 untuk infokacer akan membagikan tips agar kacer anda mau mandi dengan media pasir di kerambanya.


  • Sediakan media, disini dipergunakan merupakan pasir putih yang sudah diayak dengan saringan terlebih dahulu untuk dapat memisahkan pasir yang kasar dengan yang halus. Kumpulkan pasir halus yang sudah diayak tadi pada suatu nampan (tempat), 
  • Sediakan keramba, nah disini untuk tempat mandi saya pergunakan keramba mandi burung kacer yang biasanya diisi dengan air, kali ini akan digantikan dengan pasir.
  • Semprot media pasir dengan air, jika ada semprot dengan air yang mengandung mineral ya!, karena pada dasarnya burung kacer melakukan proses mandi pasir adalah untuk menyerap mineral yang terkandung didalam pasir ataupun tanah!.
  • Sekarang masukkan beberapa pakan alami seperti jangkrik dan ulat hongkong, pakan ini akan dipergunakan untuk merangsang burung kacer agar mau berpindah lokasi dari kandang harian ke keramba yang berisi pasir.
  • Penentuan waktu, berdasarkan pengamatan saya jam 3 s/d 4 sore adalah waktu yang tepat untuk burung kacer mandi pasir, pada jam tersebut burung kacer kemungkinan besar akan langsung mau mandi, saya juga terinspirasi sama unggas tetangga sebelah yang mandi pasir tiap jam-jam tersebut.
  • Penting untuk dimengerti untuk mengenalkan mandi pasir kepada burung kacer memang butuh kesabaran!, jadi ya santai saja jika burung tersebut masih malu-malu ya lama kelamaan juga burung jadi terbiasa!.
Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang burung kacer kami sarankan anda membaca juga postingan tentang burung kacer lainnya di blog kacer ini